Jembatan Buntung Cikarang


Terkenal dengan nama jembatan buntung karena proyek ini sudah lama mangkrak. Tidak kunjung selesai. Kalau menurut pengamatanku kurang lebih sepuluh tahun terbengkalai. Dan saat aku bertandang kembali, jembatan yang satunya sudah terhubung dan sudah diaspal tapi entah kenapa belum bisa dipergunakan. Ditutup dan tidak boleh untuk lewat. Jembatan buntung dipagar bambu dan kawat berduri ditambah dengan gundugan batu. Sadis dan terlalu pelit. Tega nian. Ada persoalan sengketa apakah ?



Jembatan Penghubung MM2100-Jababeka EJIP

Jembatan penghubung Kawasan Industri MM2100 dengan Jababeka EJIP ada dua. Yang  satunya dipergunakan Omah Buruh untuk tempat aktivitas. Tempat berkumpul dan menyuarakan tuntutan buruh. Setiap aku lewat jembatan buntung, jembatan ini selalu ramai. Mirip demo-demo apalagi jika tepat tanggal hari buruh sedunia. Sungguh meriah sekali. Dan jembatn yang satunya, seperti yang aku sebutkan diatas, seharusnya sudah bisa dipergunakan untuk lalu-lalang kendaraan.

Jembatan Penghubung MM2100-Jababeka EJIP

Jembatan Penghubung MM2100-Jababeka EJIP

Cikrang punya masa depan yang cerah. Karena akan menjadi pusat atau kawasan industri bertaraf internasional. Pabrik-pabrik besar yang di Jakarta sudah berbondong-bondong pindah ke Cikarang. Harga tanah atau sewa tanah yang relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Jakarta. Keamanan lebih terjamin. Cikarang hanya butuh infrastruktur yang memadai. Salah satunya jembatan buntung ini. Jembatan penghubung kedua Kawasan Industri MM2100 dengan Kawasan Industri  Ejip. Kenapa pemerintah setempat tidak punya taring ? Haruskah selevel menteri atau bahkan presiden yang harus turun tangan ?

Jalan Penghubung MM2100-Jababeka EJIP

Jalan Penghubung MM2100-Jababeka EJIP

Jembatan Buntung belum bisa dilewati, tapi disamping jembatan ada penyebrangan perahu. Atau yang lebih terkenal dengan jembatan keretan/Getek Bikepark. Hanya khusus untuk pejalan kaki atau kendaraan roda dua. Sekali lewat untuk kendaraan roda dua dikenakan tarif Rp.1.000,-. Ada kabar heboh, konon pendapatan petugas perahu keretan/getek bisa mencapai 7juta/sehari. Sungguh fantastis ! Bagi Anda yang ingin melewati jembatan perahu ini, pastikan kondisi kendaraan betul-betul fit. Karena tanjakan jalannya lumayan tinggi.

Jalan Penghubung MM2100-Jababeka EJIP

Semoga saja, persoalan yang membelit jembatan penghubung MM2100 dengan Jababeka EJIP yang beralamat di Jalan Muhammad Haji Thamrin, Jatiwangi, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, segera selesai. Sehingga kemacetan bisa terurai sekaligus bisa menghemat waktu jarak tempuh. Semoga ! Ah Djangkaru Bumi belagu, sok jadi pengamat transportasi !

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top