Plat Pemberat Pada Tabung Gas 3 Kg Bukan Kecurangan

Plat Pemberat Pada Tabung Gas 3 Kg Bukan Kecurangan

Plat pemberat pada tabung gas 3 kg, sebenarnya masalah ini sudah lama beredar. Kadang aku risih mendengarnya. Tapi aku cuma mendengarkan tidak membantah atau memberikan penjelasan pada konsumen yang rewel. Dan untuk apa memberikan penjelasan, sedang dia tidak butuh penjelasan. Yang ada nanti cuma ribut, adu mulut.

Plat Pemberat Pada Tabung Gas 3 Kg Bukan Kecurangan

Minta tukar atau tidak mau menerima tabung gas 3 kg yang ada plat pemberatnya. Katanya, plat atau lempengan tambahan itu modus untuk mengurangi isi gas dalam tabung. Wealah sok tahu juga ini orang. Beli gas sebulan sekali belum tentu, tapi rewelnya minta ampun. Bagaimana dia beli gas yang 12 kg ? Aduh...aduh. Elus dada. Katanya juga, kalau pakai tabung gas yang ada lempengan pemberat, cepat habis. Geleng-geleng kepala aku dibuatnya.

Gas cepat habis banyak faktornya. Bisa karena isi gas tidak penuh, terjadi kebocoran, kurang tepat memasang regulator ( sehingga ada gas terbuang percuma ), pemakaian/masak yang berlebih dari biasanya, dan kompor  gas yang posisinya masih ON lupa meng-OFF kan walau keadaan api mati.

Jadi plat tambahan pada tabung gas bukan suatau kecurangan. Pastinya kita memakfumi, bahwa tabung gas 3 kg itu platnya tipis beda dengan tabung yang 5.5 kg atau 12 kg. Sehingga mudah aus, maka dari itu Pertamina setiap lima (5) tahun sekali melakukan pengetesan ulang dan re-sertifikasi kelayakan edar tabung gas 3 kg.

Apabila berat tabung gas 3 kg dibawah 5 kg dan masih dibatas toleransi maka ditambahkan plat pemberat/balance dan siap diedarkan kembali. Namun jika tabung gas 3 kg  berat kosongnya dibawah 5 kg dan dinyatakan diluar batas toleransi, maka tabung 3 kg tersebut ditarik dan tidak diedarkan lagi.

Nah, bagiamana ? Masih ada yang ragu dan curiga dengan plat atau lempengan tambahan pada tabung gas 3 kg ? Jika ragu, silahkan ditimbang. Pada intinya, berat kosong tabung gas 3 kg adalah 5 kg. Dan isi gasnya 3 kg. Sehingga total beratnya menjadi 8 kg. Bukan pada jarum penunjuk spedometer regulator, yang sebenarnya hanya menunjukan tekanan gas bukan isi gas. Lebih mantapnya, bawa timbangan dari rumah jika warung tidak menyediakan timbangan. Dasar adminya, sinting !

Berita Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Back To Top